Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR–Demi meningkatkan kesadaran Bela Negara dan pemantapan wawasan kebangsaan, Kodim 0606 kota Bogor berinisiatif menggelar Pendidikan Bela Negara. Pendidikan ini diikuti oleh 75 santri dari lima pondok pesantren di Kota Bogor mengikuti penataran pendidikan pendahuluan bela Negara tahap ke II. Penataran dibuka Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Kav. Sinyo,S.IP di pondok pesantren Al-Umm Aswaja Kp Wangun Tengah Kelurahan Sindangsari Kecamatan Kota Bogor Timur,¬† Sabtu (23/7).

 

Dandim 0606 Letnal Kolonel Kav Sinyo,S.IP berharap melalui kegiatan ini, kesadaran warga Negara dalam bela Negara dan wawasan kebangsaan senantiasa dapat dimanfaatkan pada lingkungan Pondok Pesantren, “Kita berharap peserta penataran pendidikan pendahuluan bela Negara yang akan dilatih di Pondok Pesantren Al Umm Aswaja pada gilirannya dapat bertindak sebagai motor penggerak kesadaran bela Negara dan pemantapan wawasan kebangsaan, serta sebagai kader komponen cadangan baik dilingkungan Pondok Pesantren maupun dilingkungan masyarakat,” ungkapnya.

 

Diungkapkan, penataran pendidikan pendahuluan bela Negara adalah merupakan kebutuhan bagi setiap warga Negara Indonesia, dan senantiasa diikuti serta dilaksanakan oleh setiap warga Negara dalam berbagai tingkatan, baik dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal maupun pendidikan non formal, dilingkungan kerja dan pemukiman. Dandim 0606 juga penyelenggaraan penataran pendidikan pendahuluan bela Negara bukan dimaksudkan untuk memiliterisasikan atau mempersenjatai rakyat secara fisik sebagai mana Angkatan bersenjata.

 

Namun, menurut orang nomor 1 di Kodim kota Bogor ini, penataran pendidikan pendahuluan bela Negara merupakan upaya Pemerintah dalam mempersiapkan warga Negara secara psikis (kejiwaan sehingga rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, rela berkorban, yakin akan kebenaran ideologi Pancasila dan jiwa patriotisme serta kesadaran untuk mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

 

Ke 75 santri yang mengikuti bela negara tersebut yaitu dari Pondok Pesantren Al Umm, Al Hamdy, Sirojul Huda, Raudatunnur dan Al Arfah. Penataran berlangsung sejak Jum’at (22/7) hingga Minggu (24/7) dengan para penatar dari Polresta dan Kodim 0606 Kota Bogor. (Agustika/Adhie).

About these ads