KOTA BOGOR, Jurnal INDONESIA–Untuk mengangkat prestasi olah raga Kota Bogor dalam berbagai event seperti event Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat, Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor dituntut untuk lebih fokus melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet dari cabang olah raga (cabor) yang lebih banyak mendulang medali.

 Meski demikian KONI juga untuk tidak mengenyampingkan cabor lainnya yang berpotensi bisa mengangkat prestasi olah raga Kota Bogor.   “Kita juga harus tetap komit dengan pembinaan atlet putra daerah, tanpa harus membeli atau merekrut atlet dari luar Kota Bogor, “pesan Walikota Bogor Diani Budiarto ketika membuka Rapat Kerja Anggota KONI Kota Bogor, di Aula GOR Pajajaran, Sabtu (30/4/2011).

Diani menyatakan, untuk mengangkat prestasi olah raga Kota Bogor dalam berbagai event seperti Porda, saatnya KONI bisa mencari dan membina atlet yang bisa meraih medali lebih banyak lagi  seperti  antara lain dari cabang renang ataupun cabang atletik.  Karena kedua cabor ini merupakan merupakan cabor yang banyak mendulang medali, sebab nomor-nomor yang dipertandingkannya cukup banyak.

Walikota Diani juga mengingatkan, kepada pengurus KONI bahwa usai Porda tidak lantas puas dengan hasil yang dicapai sehingga lengah melakukan pembinaan atlet. “Pembinaan dan pencarian atlet harus berlanjut, “pintanya.

Sejauh ini, menurut Diani, banyak atlet-atlet berprestasi lahir dari sekolah-sekolah,  “Kita berharap adanya regenarasi atlet untuk menggantikan atlet-atlet yang sudah senior, “ pintanya.

Selain itu, lanjutnya, perlu dipikirkan fasilitas olah raga yang memenuhi standar. “Sekarang sudah ada Kantor Pemuda dan Olah Raga. Jadi, tinggal bagaimana KONI dan Kantor Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor memikirkan fasilitas olah raga apa saja yang dibutuhkan untuk membina atlet-atlet Kota Bogor,”ujarnya.

Sementara itu Ketua KONI Kota Bogor Basuki mengatakan, agenda yang dibahas dalam rapat anggota KONI Kota Bogor  yaitu penyampaian sekaligus evaluasi dan laporan pertanggung jawaban program kerja dan laporan keuangan KONI Kota Bogor tahun 2010. Membahas dan memutuskan rancangan program kerja tahun 2011 dan menetapkan keanggotaan baru KONI Kota Bogor. (Adhie, Pemkot Bgr)