Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR–Adalah tugas seorang pemimpin untuk terus menjaga lingkungannya agar tetap nyaman, juga membantu orang-orang yang dipimpinnya agar bisa hidup lebih sejahtera. Bila tidak, lenyaplah hakikatnya sebagai pemimpin! Antara ada dan tiada..

Rupanya ungkapan tersebut disadari betul oleh Lurah Mulyaharja Kota Bogor, Usman Tz. Berbagai program ia gulirkan untuk bisa membantu mensejahterakan warganya. Setelah meluncurkan program humanis “Seratus Rupiah” untuk membantu kesehatan keluarga miskin, ia pun telah menggulirkan program kemitraan dalam pengelolaan sampah, yang hasilnya tentu saja bisa dirasakan oleh warganya, baik dalam hal kebersihan lingkungan, maupun terbukanya lapangan usaha.

Dalam hal ini, ia telah melakukan perjanjian dengan pihak Pengembang perumahan besar yang berada di Kelurahan ini dalam hal pengelolaan sampah. Dengan memanfaatkan lahan yang ada di perumahan itu, Lurah beserta LPM berupaya mamberdayakan Karang Taruna yang ada di wilayahnya. Apalagi, ke depannya akan dikelola pula sampah dari Hotel dan tempat-tempat hiburan yang ada di lokasi ini.

Hasilnya, selain bisa mereduksi jumlah sampah sejak awal,  program ini sekaligus mampu menciptakan sektor usaha informal bagi warganya yang tidak memiliki keahlian khusus. Pemasukan finansial mengalir dari pelayanan pengelolaan sampah warga perumahan, hingga potensi penjualan barang daur ulang.

“Sampah itu masalah, sekarang dan yang akan datang. Ini tanggung jawab kita. Kalau tidak kita menej dari sekarang, akan menjadi masalah besar di kemudian hari”, ungkap Usman tentang latar belakang program ini.

“Maka, sepanjang bekerja, kami ingin terus berinovasi untuk kemanfaatan warga dan pengelola program itu sendiri”, tambahnya.

Sebagaimana diketahui, kelurahan inipun pernah dikunjungi pihak Malaysia dalam pengelolaan ‘Taruna Kompos’, karena dinilai, pada zaman modern seperti ini, masih ada masyarakat yang peduli & mau berinovasi dalam mengelola sampah demi lingkungannya.

Berbagai program dari Kelurahan ini tidak lepas dari visi-misinya ini:

VISI
Sebagai Kelurahan Agamis, Dinamis, Harmonis dan Mandiri.

MISI
Mendorong peningkatan kualitas perekonomian masyarakat dengan menggali potensi sumber daya yang ada melalui pembinaan ekonomi kerakyatan.

Mewujudkan masyarakat yang berbudi pekerti luhur dengan program pembinaan agama yang berkesinambungan.

Meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih, rapih, indah, aman dan nyaman dengan cara menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui penyuluhan dan silahturahmi.

Mewujudkan aparatur pemerintahan kelurahan yang disiplin, kreatif, inovatif dan tanggung jawab. (Adhie)