Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR–Umumnya, Reuni sekolah dimanfaatkan sebagai temu kangen biasa, yang hanya di isi acara hiburan. Tapi tidak dengan alumni SMA Negeri 2 Kota Bogor angkatan ’79. Mereka mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat yang kurang beruntung, dengan mengadakan bakti sosial berupa donor darah & khitanan massal. Acara inipun digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor Ke-529 yang berlangsung di rumah kediaman Endie Jl. A Yani No. 80 Bogor. Minggu (12/6/2011).

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Bogor Diani Budiarto, Brigjen Polisi H. Puji Hartanto selaku pengurus alumni, Ketua panitia HJB Ke – 529 H. Ade Syarif Hidayat, para alumni SMAN 2 Bogor tahun 1979, tokoh ulama, RW/RT dan masyarakat setempat.

Puji Hartanto menjelaskan tentang acara ini, “Tujuannya yang pertama, kita meningkatkan silaturrohim antara teman-teman SMA 2, yang kedua rasa sosial kepada masyarakat di sekitar Kotamadya & Kabupaten, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat”.

Dilanjutkannya, “Yang pertama kita mengadakan donor darah. Kita para alumni SMA 2 mendonorkan darah, juga terima kasih kepada Kopassus & Pramuka yang turut menyalurkan darahnya. Dari PMI menyediakan 100 kantong, Alhamdulillah terisi semua. Kedua, khitanan massal. Ditujukan kepada keluarga yang kurang mampu, tanpa dipungut biaya. Hari ini ada 63 anak yang dikhitan. Ini juga dalam rangka kerjasama dengan Pemerintah Daerah/Walikota Bogor”, jelas alumni SMA 2 yang menjadi salah satu petinggi di Mabes POLRI ini.

Kegiatan bakti sosial tersebut ditandai dengan penyematan PIN kepada Walikota Bogor Diani Budiarto oleh panitia penyelenggara H. Budi Hartanto yang dilanjutkan oleh para alumni SMAN 2 Bogor tahun 1979 kepada Ketua panitia HJB Ke-529 H. Ade Syarif Hidayat. Khitanan massal diikuti sebanyak 65 anak dari keluarga kurang mampu dan donor darah sebanyak 120 orang terdiri dari para Alumni SMAN 2 Tahun 1979, Pramuka kwarcab Kota Bogor, Anggota Orari Lokal Bogor, Anggota Kopasus dan warga setempat.

Walikota Bogor Diani Budiarto menyampaikan apresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para alumni SMAN 2 tahun 1979 yang telah berkontribusi dan berkiprah kepada masyarakat Kota Bogor yang dikaitkan dengan HJB Ke-529

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan sosial kemasyarakatan. Walaupun setiap tahun dilakukan khitanan tapi masih ada yang belum di khitan, bahkan seminggu yang lalu kita mengkhitan sekitar 525 anak dalam rangka HJB. Kata Diani, sebagai bagian dari masyarakat Bogor stakeholder sudah sepantasnya dalam event seperti ini disamping bernostalgia juga berkontribusi positif bagi Kota Bogor.

Kegiatan bhakti sosial khitanan massal dan donor darah ini akan dijadikan agenda tahunan Alumni,  sebagai pengabdian dan kepedulian bersama untuk Kota Bogor.

Ia berharap semua alumni SMAN 2 Bogor tahun 1979 untuk terus tetap meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintah daerah dan para alumni yang berada di Bogor maupun sekitarnya.

Walaupun baru pertama kali, bakti sosial para alumni ini berlangsung sukses. “Alhamdulillah, ini merupakan bakti sosial kita yang pertama. Insya Alloh –seperti harapan kita- nanti bisa lebih ditingkatkan, baik dalam jumlah, sasaran, dan sebagainya. Hari ini baru dalam bentuk donor darah & khitanan massal. Ke depannya akan ada operasi katarak, bibir sumbing dan lainnya’, ungkap Puji.

Tentang biayanya, dijelaskannya pula, “Anggarannya murni swadaya para alumni, mulai dari tenaga medis, ada dokter dari alumni. Di sini banyak yang menjadi pengusaha, termasuk cateringnya (Ibu Dian Zainuddin). Jadi, tidak ada sponsor”, pungkasnya.  (Adhie/Deltie, adi@jurnal-indonesia.net)