Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Sebanyak 1.019 calon jamaah haji Kota Bogor musim haji 1432 hijriah/2011 M  mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kota Bogor yang digelar Kantor Kementerian Agama Kota Bogor. Pembukaan bimbingan manasik dilakukan Walikota Bogor Diani Budiarto, di Masjid Raya Bogor Jalan Pajajaran, Sabtu (11/6/2011).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor H. Muchtar mengatakan,  peserta bimbingan manasik haji adalah jamah calhaj Kota Bogor yang masuk dalam kuota 1432 H/2011 masehi, dengan jumlah jamaah sebanyak 1.019 orang.

Muchtar menjelaskan, bimbingan manasih haji ini, dibagi dalam dua kelompok yaitu bimbingan massal tingkat Kota sebanyak 4 kali pertemuan,  dan bimbingan kelompok ditingkat Kecamatan yang diselenggaran 11 kali pertemuan yang akan dimulai 17 Juni mendatang di masing-masing Kecamatan.

Menurut Muchtar, tujuan dari bimbingan manasik haji untuk mempersiapkan jamaah haji untuk menjadi jamaah yang mandiri dalam upaya mencapai haji mabrur sehingga diharapkan dapat terimplikasi dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat.

Sementara itu Walikota Bogor Diani Budiarto ketika membuka bimbingan manasik haji ini mengatakan, ibadah haji merupakan ibadah orang per orang, sehingga sudah seharusnya bahwa setiap individu yang akan melaksanakan ibadah haji harus membulatkan tekad dan niat bahwa melaksanakan ibadah haji sesuai perintah Allah SWT.

“Tentunya, bagi seorang muslim bahwa panggilan untuk melaksanakan ibadah haji bukan pekerjaan yang sekedar main-main, “ kata Diani. Menurut Diani, masing – masing pribadi jamaah calhaj harus membekali dirinya tentang ilmu haji dan berserah diri. “ Tidak ada niat lain-lain selain memohon ridho dari Allah SWT,  “ tuturnya.

Diani mengatakan, sejak proses pendaftaran hingga pemberangkatan jamaah calhaj harus menunggu cukup lama, karena adanya ketentuan kuota yang disesuaikan dengan jumlah penduduk muslim. “Dengan adanya kuota berdampak kepada waiting list, dan tahun ini Kota Bogor mendapatkan kuota 1.019 jamaah,” ujarnya. (Adhie/Deltie)