Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Beberapa waktu lalu, Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur ditinjau tim penilai lomba kelurahan tingkat Jawa Barat.  Kelurahan Sindangsari dinilai layak   maju dalam lomba Kelurahan Tingkat Propinsi Jawa Barat.
Sebagai rangkaian kegiatan penilaian untuk menentukan juara Lomba Kelurahan tingkat Propinsi, Tim Recheking Perlombaan Kelurahan Tingkat Propinsi Jawa Barat melakukan kembali Rechecking ke Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur, Senin  (13/6/2011).Tim Recheking yang beranggotakan lima orang diketuai oleh Dra. Hj. Nenny Kencanawati, M. Si., diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan mewakili Walikota Bogor dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto, Camat Bogor Timur Dra. Rahmawati, Lurah Sindangsari Ahyar HT, beserta jajarannya.Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan mengatakan, sebuah kebahagian tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kota Bogor, karena Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur sebagai wakil Kota Bogor berhasil masuk pada tahap ke dua penilaian lomba Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat.

Bambang, mengapresiasi dan penghargaan kepada seluruh tim recheking yang telah memberikan apresiasi positif terhadap kondisi di Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur.

“Insya Allah kunjungan Tim recheking ke Kota Bogor, dapat membangkitkan motivasi dan semangat masyarakat Kelurahan-Kelurahan di Kota Bogor untuk terus melaksanakan pembangunan, guna meningkatkan kualitas kehidupan masing-masing, “ kata Bambang.

Menurutnya, lomba Kelurahan ini tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil lomba, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah harapan agar kinerja aparat dan masyarakat kelurahan dapat terjalin dengan baik dan berkesinambungan.Selain itu Bambang mengutarakan profil singkat Kelurahan Sindangsari yang merupakan kelurahan terbaik tingkat Kota Bogor.  Keberhasilan kelurahan Sindangsari menjadi wakil Kota Bogor, karena ditunjang berbagai program pembangunan yang masuk dalam delapan indikator penilaian lomba Kelurahan.Ketua Tim Recheking perlombaan kelurahan Provinsi Jawa Barat Dra. Hj. Nenny Kencanawati, M.Si. mengatakan, Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur masuk dalam penilaian tingkat Jawa Barat bersama empat Kota Lainnya di wilayah timur antara lain Kota Sukabumi, Kota Banjar, Kota Cimahi dan Kota Cirebon.

Kata Nenny, penilaian kali ini dilakukan dengan cara pleno, yaitu tim penilai melakukan wawancara dengan tiga komponen (lurah, ketua TP PKK dan ketua LPM) dan dengan unsur masyarakat menyangkut 8 indikator yang dinilai dalam lomba. Selanjutnya, tim penilai juga melakukan penilaian di lapangan.

Ketua Tim Penilai, Hj. Nenny berharap dengan adanya lomba ini dapat memotivasi kelurahan yang lain untuk lebih berprestasi, tidak hanya untuk ikut serta dalam lomba saja tetapi lebih untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan Kota Bogor, Dody, menyatakan, terpilihnya Sindangsari untuk mewakili Kota Bogor di tingkat Jawa Barat, selain memenuhi 8 kriteria pemerintahan Desa yang ideal, juga karena Kelurahan ini dinilai menonjol, terutama dari segi partisipasi masyarakatnya. (Adhie/Deltie)