Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR–Animo masyarakat untuk masuk ke Istana Bogor luar biasa. Selama 4 hari pelaksanaan wisata Istana Bogor tercatat sudah 24.892 pengunjung yang datang dari berbagai daerah di tanah air dan mancanegara masuk ke Istana Bogor. “Setiap hari kita laporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) data jumlah pengunjung yang masuk ke Istana Bogor, “ kata Staf Protokoler Istana Bogor Cecep Koswara disela-sela memandu para pengunjung Istana Bogor open Kamis (16/6/2011).

Menurut Cecep, update data pengunjung perlu dilaporkan sebagai bahan evaluasi. “ Biasanya dari Jakarta selalu memantau pemberitaan media tentang Istana Bogor Open. Makanya, kita laporkan update data pengunjung setiap hari ke Jakarta, “ ujar Cecep. Antusiasme masyarakat masuk ke Istana Bogor sejak dibuka Senin 13 Juni lalu luar biasa. Pengunjung tidak hanya dari Bogor, tetapi juga luar daerah di tanah air dan mancanegara seperti Jepang, Korea dan negara – negara lainnya.

Pemberangkatan masuk ke Istana Bogor setiap hari dilakukan mulai pukul 08.00 wib hingga pukul 14.00 wib. Pengunjung diberangkatkan dari halaman Gedung DPRD Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat berjalan kaki melalui Gedung Balaikota Bogor Jalan Ir.H. Juanda dan masuk melalui pintu II yang biasa digunakan para pejabat Negara dan keluar melalui pintu III samping Gereja Zebaoth. Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Protokol Istana Kepresidenan Bogor, Endang Sumitra mengatakan, pihak Istana Bogor memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal Istana lebih dekat.

“Silahkan masyarakat merasakan keberadaan Istana Bogor sehingga bisa mengenal dan mencintai kekayaan negerinya sendiri,” kata Endang. Istana Bogor dikenal sebagai Istana favorit dari Presiden pertama RI, Soekarno, dan di dalamnya banyak terdapat benda-benda seni dari maestro dalam dan luar negeri. Tahun ini merupakan tahun ke-8 diadakannya Istana Bogor Open dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 529.

Image Wisata Istana Bogor dimulai pada tahun 2004 atas gagasan seniman, komunitas pencinta seni, dan pihak Istana Bogor sendiri. Berbeda dengan wisata Istana yang secara reguler rutin diselenggarakan oleh Istana Bogor. Kali ini, pihak Istana kepresidenan bekerjasama dengan Pemerintah kota Bogor dan beberapa pihak lain seperti, Pramuka, PMI dan PMR, Polres Bogor Kota serta Paskibra, Orari, dan RAPI.

Pihak penyelenggara Istana Bogor Open berharap, dengan berkunjungnya masyarakat ke Istana Bogor akan semakin meningkatkan rasa kepemilikan mereka terhadap Istana. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat juga akan turut menjaga lingkungan sekitar Istana, karena Istana Bogor merupakan milik bersama. “terang Endang.

Sementara itu data yang diperoleh dari pihak panitia dilokasi pendaftaran, hingga hari ke empat pelaksanaan Istana Bogor Open tercatat sudah 24.898 pengunjung yang masuk ke Istana Bogor sejak dibuka Senin 13 Juni 2011. Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari kerja, 13-16 Juni 2011 dan 20-21 Juni 2011. (yan/gus) Selengkapnya Pengunjung Istana Bogor sampai hari ke empat sbb: 1. Senin 13 Juni 2011 = 1719 pengunjung 2. Selasa 14 Juni 2011 = 3752 pengunjung 3. Rabu 15 Juni 2011 = 8305 pengunjung 4. Kamis 16 Juni 2011 = 11.119 pengunjung. (Adhie/Pmkt)