Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat segera menempati kantor barunya, setelah Angkatan Darat Amerika Serikat menyerahkan bantuan Gedung Kantor Kelurahan ini. Selasa (21/6).  Sebelumnya, Kantor Kelurahan Situ Gede dipugar oleh Angkatan Darat Amerika Serikat bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD).

Menurut Lurah Situ Gede, Rusmana, pembangunan gedung ini memakan waktu 35 hari, sejak awal November 2010. Ketika itu, TNI Yon Armed sedang melakukan latihan gabungan bersama Angkatan Darat AS di Kelurahannya, menawarkan bakti sosial. Dan mungkin karena melihat potensi yang ada -berupa hutan Cifor & Setu  di lokasi ini- maka muncullah inisiatif untuk membangun kantor Kelurahan ini.

Penyerahan Kantor Kelurahan Situ Gede  yang merupakan program Enginering Civil Asistance Project (ENCAP) Garuda Shield 2011 ini ditandai dengan penyerahan kunci pintu gedung oleh Deputi Commander  USAIR, USARPAC Amerika Serikat Brigadir Jenderal Alexander I Kozlov Kepada Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan di Kelurahan Situ Gede, Selasa (21/6).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan prasasti bersama-sama oleh Sekdakot Bambang Gunawan,  Deputi Commander  USAIR, USARPAC Brigadir Jendral Alexander I. Kozlov dan dan Direktur Kodiklat TNI AD Brigadir Jendral TNI Mulyono. Mulyono mengatakan, bahwa pada tanggal 10 Juni hingga 22 Juni 2011 TNI AD bersama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat telah mengadakan latihan bersama yang disebut Garuda Shield 2011.

Latihan bersama ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat, disamping untuk mempererat jalinan hubungan kerjasama dan persahabatan yang sudah terbina dan terjalin selama ini.

Menurut Mulyono, pemugaran kantor Kelurahan Situ Gede dan bangunan pendukung lainnya dilaksanakan oleh prajurit TNI AD bersama prajurit AD Amerika Serikat yang merupakan program Enginering Civil Asistance Garuda Shield 2011.

Selain itu juga diselenggarakan pula kegiatan bakti sosial kesehatan diantataranya khitanan massal dan pengobatan umum bagi masyarakat Situ Gede dan sekitarnya.  “ Kegiatan semacam ini sudah sering diselenggarakan, sebagai wujud kecintaan TNI dengan rakyat, karena rakyat hakekatnya ruhnya TNI, “ ujar Mulyono.

Deputi Commander  USAIR, USARPAC Brigadir Jendral Alexander I. Kozlov mengatakan, ke dua negara Indonesia dan Amerika Serikat telah membuat suatu kerjama untuk melakukan latihan gabungan. “ Melalui pelatihan bersama prajurit kedua negara dapat saling mengenal dan saling belajar satu sama lain dan mempererat kerjasama serta pertemanan, “ kata Kozlov.

Menurut dia, nilai yang diperoleh dari kerjasama tidak bisa diukur karena sangat berharga. Misi kemanusiaan ini bukan hanya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat tetapi juga prajurit kedua negara untuk lebih siap lagi dalam membangun proyek-proyek seperti ini. “Yang lebih penting lagi pembangunan Gedung ini akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Situ Gede, “ pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan mengatakan, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Bogor, karena telah memperoleh sebuah kepercayaan berupa bantuan pembangunan Kantor Kelurahan Situ Gede yang dilengkapi fasilitas parkir dan tempat berjualan.

“InsyaAllah bantuan ini akan memberikan banyak manfaat bagi seluruh aparat Kelurahan Situ Gede dalam menjalankan tugas kesehariannya sebagai abdi masyarakat, “ kata Bambang. Oleh karena itu Sekdakot meminta kepada seluruh aparat dan warga Kelurahan Situ Gede untuk merawat dengan baik kantor kelurahan yang telah dibangun oleh Angkatan Darat Amerika Serikat bersama-sama dengan TNI AD ini.

Usai peresmian Kantor Kelurahan Situ Gede Bambang Gunawan bersama dengan  Brigadir Jendral Alexander I. Kozloz dan Brigadir Jendral TNI Mulyono melakukan penanaman pohon penghijanan. Bambang menanam pohon rambutan,  Alexander menanam pohon mangga, dan Mulyono menanam pohon Sempur.

Selanjutnya dilakukan pembukaan selubung papan nama Kantor Kelurahan dan pengguntingan untaian bunga melati dan membuka pintu Kantor Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat.

Tentang pembangunan kantor Kelurahannya, Rusmana mengungkapkan, “Alhamdulillah kami bersyukur dan berharap dengan adanya gedung baru ini bisa memacu semangat & kinerja kami dalam melayani masyarakat Situ Gede “.  (Adhie)