Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Sebanyak 57 siswa-siswi kelas VI SD Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor, di wisuda oleh Kepala Sekolah SD Negeri Bantarjati 9 Yayah Komariah, Sabtu (25/6) pagi. SD Bantarjati 9 merupakan Sekolah peraih Adiwiyata Mandiri dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Layaknya prosesi wisuda sarjana Ke 57 para pahlawan lingkungan ini satu persatu menghampiri Kepala Sekolah untuk diwisuda dan naik ke atas panggung. Uniknya para siswa-siswi ini tidak mengenakan baju toga tapi hanya memakai baju biasa dengan topi toga yang bahannya terbuat dari sampah bekas kemasan detergen, permen, dan kardus serta bekas kemasan-kemasan makanan lainnya.

Ketua panitia Tasyakuran dan Wisuda SD Negeri Bantarjati 9 Dadeng mengatakan, pihaknya sengaja mengemas acara ini, karena mereka telah menjadi pahlawan lingkungan dengan keberhasilannya meraih Anugrah Adiwiyata Mandiri tahun 2011 dari Presiden.

“ Kita sengaja mengemas acara ini dalam bentuk Tasyakuran dan Wisuda yang mengusung tema “ Gupay Katineung Pikeun Nu Miang “ Dadeng berharap acara wisuda-wisudaan akan terus motivasi siswa-siswi SD Negeri Bantarjati 9, selain untuk mempertahankan Adiwiyata Mandiri, juga diharapkan memiliki target untuk di wisuda yang sesungguhnya Image Selain prosesi wisuda pada acara tasyakuran juga dilakukan pemberian piala untuk siswa-siswi yang berprestasi yaitu yang meraih rangking 1, 2, dan 3 mulai dari siswa kelas 1 sampai kelas 6.

Selesai pemberian piala acara kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan yang diisi dengan berbagai tarian seperti tari bali, jaipong, dance dan juga pencak silat yang diperagakan oleh siswa-siswi SD Negeri Bantarjati 9.

Sebagai puncak acara Kang Acoen CS dari Gorobog lewat kesenian calung tampil menghibur dan mengocok perut penonton yang hadir memenuhi halaman SD Negeri Bantarjati 9. Acara Tasyakuran dan wisuda siswa-siswi SD Negeri Bantar Jati 9 selain dihadiri oleh para orangtua murid, komite sekolah, guru-guru SD Negeri Bantar Jati 9, beberapa orang Kepala Sekolah dari SMP Kosgoro, SMPN 8, SMPN 12 dan tamu undangan lainnya. (Adhie/Pmkt)