Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Rumah Sakit Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor pada Jum’at 1 Juli 2011 tepat berusia 129 tahun. Peringatan ulang tahun ke 129 Rumah Sakit yang berlokasi di Jalan Dr. Sumeru Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor diperingati sederhana oleh keluarga besar RSMM Jum’at (1/7) pagi.

Seperti peringatan HUTnya tahun-tahun sebelumnya, dilakukan pelepasan balon berhadiah dengan uang sebesar Rp1.290.000,-. Oleh Direktur Utama (Dirut) RSMM Bogor dr.Erie Dharma Irawan Sp.Kj. Peresmian gedung asrama waluya dengan ditandai pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya pemakaian gedung baru untuk 8 poli yang baru selesai direnovasi tahap pertama. Pada kesempatan tersebut Dirut RSMM dr.Erie Dharma Irawan Sp.Kj mengutarakan panjang lebar tentang sejarah perkembangan RSMM Bogor.

Pada tanggal 1 Juli 1882 pemerintah Hindia Belanda meresmikan Hetkrankzinigengestich te Buitenzorg sebagai RSJ pertama di Indonesia, berdasar SK Kerajaan Belanda no 100, th 1885. Hal tersebut, kata dr. Erie Dharma, dimaksudkan untuk memperbaiki sistem perawatan pasien gangguan jiwa dimana sebelumnya mereka dirawat di RSU, RS Tentara, Penjara, Kantor Polisi dengan cara perawatan dikurung menjadi perawatan di RS Jiwa dengan pendekatan lebih manusiawi.

Seiring perjalanan waktu menjadi roadmap, peran rumah sakit yang merupakan sejarah dan dasar untuk perbaikan pelayanan kesehatan jiwa terhadap masyarakat. RSJ berubah nama menjadi RSMM pada 16 April 2002 melalui SK Menkes No. 266. Dr. Marzoeki Mahdi adalah Direktur Pribumi pertama di RSJ Bogor. Melalui SK Menkeu no 279 tanggal 21 Juni 2007 dan SK Menkes no 756 tanggal 26 Juni 2007, RS Marzoeki Mahdi ditetapkan menjadi RS BLU. Lebih lanjut Dr. Erie Dharma mengungkapkan, ditinjau dari ukuran sejarah 129 tahun bukanlah waktu yang panjang, namun ditinjau dari usia organisasi dan umur manusia waktu 129 tahun merupakan suatu pengalaman dan perjalanan sebagai cermin untuk introspeksi dan dorongan untuk mengabdi pada masyarakat dan bangsa Indonesia. “Tak banyak Organisasi yang bisa tetap bertahan lebih dari satu seperempat abad, RSMM merupakan salah satu Organisasi yang makin berumur, makin berkembang dan makin unggul, “ ungkapnya. (Adhie/Pmkt)