Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Prita Raska & Faris Priyanto akhirnya dinobatkan menjadi Mojang dan Jajaka (Moka) pinilih Kota Bogor dalam final pasanggiri Moka tahun 2011 di Gedung Kemuning Gading Bogor, Sabtu (9/7/2011) malam.

Faris dan Prita terpilih menjadi Moka pilinilih tahun 2011, setelah menyisihkan 28  finalis lainnya yang tampil dalam final pasanggiri moka Kota Bogor.  Faris Priyanto  sebagai pinilih jajaka adalah warga Jabaru III Kelurahan Pasir Kuda Kecamatan Bogor Barat.  Ia adalah Sarjana Komunikasi Pengembangan  Institut Pertanian Bogor (IPB).  Sedangkan  Prita Raska kini kuliah di Universitas Indonesia (UI) warga Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah.Final pasanggiri moka Kota Bogor tahun 2011, yang dibuka resmi oleh Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat.  Dalam final tersebut 30 finalis melakukan unjuk kebolehan dihadapan 4 tim juri yang diketuai oleh Ketua Dewan Kesenian, Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) Sambas Bratasondjaya.

Menurut Ade Syarif Hidayat, pemilihan moka Kota Bogor tahun ini merupakan ajang pemilihan serupa yang telah dilakukan kesekian kalinya. Acara ini menjadi agenda rutin yang dilakukan dalam rangka mendukung upaya melestarian budaya dan dan seni sunda, sekaligus mendukung promosi kepariwisataan Kota Bogor.

“Pemilihan dilakukan untuk menentukan peserta yang dinilai paling memahami serta menguasai berbagai hal yang berhubungan dengan Kota Bogor serta seni budaya sunda secara keseluruhan, “ jelasnya.

Ade Syarif mengatakan, sebagai duta moka akan mewakili citra Kota Bogor untuk tampil didalam berbagai peristiwa penting. “Jelaslah moka Kota Bogor adalah sepasang remaja intelek, cerdas, menarik, berahlak dan terampil serta mampu memikul tugas – tugas yang relatif tidak ringan dalam mendukung tumbuhnya citra Kota Bogor, “ ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kota Artiyana Yanar Anggraini mengungkapkan, peserta moka Kota Bogor seluruhnya berjumlah 100 orang, namun setelah dilakukan seleksi yang cukup ketat mulai dari test tertulis sampai wawancara, ditetapkan 30 finalis moka Kota Bogor tahun 2011.

Selain itu, lanjut Artiyana, seluruh peserta telah mengikuti pembekalan antara lain pengetahuan umum, pariwisata, kebudayaan, bahasa sunda dan bahasa Inggris. Khusus untuk finalis juga telah diberikan pembekalan publik service, tatakrama khas sunda,  table manner, etika/citra diri, dan beauty class.

Sementara itu dalam final pasanggiri moka Kota Bogor tahun 2011, selain menobatkan moka pinilih, juga memilih Moka Kabisa, Mimitran, Favorit, Fotogenik, Wakil II dan Moka Wakil I.

Adapun pemenang selengkapnya hasil Final Pasanggiri Moka Kota Bogor tahun 2011 sbb :

1.    Moka Kabisa          :   Anggie Andriansyach – Triana Meilani
2.    Moka Mimitran    :   Heru Satrio H. – Yustisia Annisa
3.    Moka Favorit        :  Anggie Andriansyach –Yuki Indah Pratiwi
4.    Moka Fotogenik   :   Ricard Tenda – Tri Buana Nurul C
5.    Moka Wakil II       :    Rana Rayendra – Amalia Komalasari
6.    Moka Wakil I         :   Bayu Rizki Putra – Tiara Sukmasari
7.    Moka Pinilih          :   Faris Priyanto –  Prita  Raska

(Adhie/Pmkt)