Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Ribuan umat Islam yang datang dari enam wilayah Kecamatan se Kota Bogor sekitar pukul 06.30 wib Sabtu (23/7) pagi  sudah berkumpul di Plaza Balaikota Bogor untuk melakukan tarhib (berjalan kaki) menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1432 H yang tinggal seminggu lagi.

Tarhib yang mengusung tema Dengan Ramadhan Nan Berkah Kita Sucikan Diri dan Tebarkan Kebajikan, mengambil rute dari Plaza Balaikota Bogor melalui Jalan Ir. H.Juanda, Jalan Suryakencana, dan Jalan Siliwangi berakhir di Masjid Nurul Ma’i PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Tarhib Ramadhan yang sudah menjadi tradisi umat Islam di Kota Bogor ini diikuti sekitar 10 ribu umat Islam dari enam Kecamatan se Kota Bogor.   Kedatangan bulan suci Ramadhan  disambut dengan suka cita oleh umat Islam di kota hujan ini.

Konvoi umat Islam yang dipimpin Walikota Bogor Diani Budiarto bersama jajaran Muspida diawali dengan kelompok drum Corps Gita Abdi Praja dari  IPDN  (Institut Pemerintahan Dalam Negeri).  Selain itu diramaikan pula oleh kelompok drum band MTs Darussalam Kota Bogor.
Tarhib kali ini diikuti antara lain dari  kalangan pelajar, santri, ibu–ibu pengajian Majlis Ta’lim.  Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Majlis Ulama Indonesia (MUI) pondok pesantren, dan ormas Islam se Kota Bogor.

Dengan membawa panji-panji kebesaran Islam, berbagai spanduk dan atribut yang bertuliskan “ Marhaban Ya Ramadhan”, para peserta tarhib tak henti-hentinya mengumandangkan asma Allah SWT, berupa Takbir dan Tahmid serta sholawat Nabi disepanjang jalan menuju Masjid Nurul Ma’i  di Jalan Siliwangi.

Pada Kesempatan itu Walikota Bogor Diani Budiarto mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Shaum kepada seluruh umat Islam di Kota Bogor, seraya memohon maaf atas segala kesahan dan kehilafan selama memimpin Kota Bogor.

Diani pun mengajak kepada seluruh umat Islam untuk mengisi Ramadhan dengan ibadah dalam upaya lebih mendekatkan diri kepada sang khaliq. “Semoga ibadah shaum yang akan dilaksanakan akan lebih baik dari shaum sebelumnya,  harapnya. (Adi/Agustika)