Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Danrem 061/Suryakencana Bogor Kolonel Kav. Kustanto Widiatmoko dan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bogor Asep Firdaus dinobatkan menjadi pendekar utama Silat oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI)  Kota Bogor.

Penobatan pendekar silat dilakukan oleh Ketua IPSI Kota Bogor Helmi Soetikno yang ditandai dengan penyerahan penghargaan dan sebilah golok pada acara pembukaan  kejuaraan pencak silat tingkat remaja  Danrem 061 /SK Cup IV  tahun 2011 di GOR Pajajaran Bogor, Rabu (27/7/2011)Selain Danrem dan Kabag Humas penobatan pendekar silat utama juga diberikan  Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Aim Halim Hermana dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Kejuaraan pencak silat Danrem Cup IV diikuti 534 pesilat mengikuti remaja. Dari 534 pesilat yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini berasal 18  perguruan yang tergabung dalam IPSI Kota Bogor. Kejuaraan yang akan berlangsung  hingga  Sabtu  (30/7) dibuka Komandan Korem 061 /Suryakencana Kolonel Kav. Kustanto  Widiatmoko.

Image

Danrem 061/ Suryakencana Kol. Kav Kustanto  mengatakan, olah raga pencak silat merupakan olahraga umum  yang dapat memberikan  manfaat melatih kesehatan dan ketangkasan jasmani, sekaligus menjadi sarana kompetisi yang dipertandingkan.

Melalui kejuaraan ini Kustanto berharap, akan memberikan  pentas dan sarana penyalur kegiatan bagi penggemar olahraga dan memperbanyak volume pertandingan Pencak Silat bagi atlet, guna menunjang pembinaan yang intensif serta merangsang generasi muda Kota Bogor mencintai olahraga Pencak Silat.

Seni bela diri Pencak Silat merupakan  warisan nenek moyang yang harus dipelihara, dilestarikan dan dikembangkan sekaligus aset penting serta kekayaan budaya , baik bagi masyarakat wilayah Bogor pada khususnya maupun masyarakat  Jawa Barat dan masyarakat  Indonesia pada umumnya.

Dalam kejuraan tersebut  jenis yang dipertandingkan yakni kelas pencak silat remaja meliputi tunggal remaja putra dan putri, ganda usia remaja putra dan putri, tanding usia remaja putra dan putri, beregu usia remaja putra dan putri. [Hery]