Jurnal INDONESIA, KOTA BOGOR— Kapolda Jawa Barat (Jabar) Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Putut Eko Bayuseno, melaunching Program Perwira Bhayangkara Pembina Kamtibmas di jajaran Polres Bogor Kota, Selasa (26/7/2011)

Dalam launching yang berlangsung di Lapangan Markas Komando Polres Bogor Kota Kedung Halang Bogor diawali dengan simulasi penangan permasalahan melalui mediasi oleh tim bhayangkara Pembina Kamtibmas Polres Bogor Kota.

Sebagai penutup acara dilakukan penyiraman mobil Kamtibmas dengan air yang dituangkan dari kendi oleh Kapolda Jabar disaksikan Kapolresta Bogor Kota AKBP Hilman,  Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan, dan Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi.

Kapolda Jabar Putut Irjen Pol Eko Bayuseno mengatakan, bahwa dirinya datang ke Bogor disamping untuk melaunching Program Bhabin Kamtibmas juga ingin bersilaturahim dengan para ulama, para pejabat dan para anggota Polres Bogor Kota, dan warga masyarakat Kota Bogor.

Menurut Kapolda, jika melihat simulasi penangaman permasalah melalui mediasi oleh tim bhayangkara Pembina Kamtibmas Polres Bogor Kota merupakan salah datu dari penanganan yang kecil yang terjadi dimasyarakat. Namun masih banyak lagi penanganan yang lebih besar yang harus ditangani.

Kapolda menyarankan, kalaupun nanti dihadapkan dengan tugas yang sangat berat alangkah lebih  baik dab optimalnya jika Bhabin Kambtibmasini diemban oleh seorang Perwira, apakah itu Perwira Pertama, Perwira Menengah, atau bahkan Perwira tinggi Polri. “ Tapi, ini tentunya disesuaikan dengan komunitas masyarakat yang menjadi mitra dalam pembinaan Kambtibmas, “ kata Kapolda.

Dipilihnya Polres Bogor Kota sebagai Polres pertama yang melaksanakan launching ini, karena “Polres Bogor kota ini kami anggap paling siap”, ujar Kapolda.

Seperti halnya dilingkungan Kampus IPB, alangkah baiknya kalau seorang Pamen yang diterjunkan bukan seorang Bintara.  “ Jadi harus melihat dari kemampuan dan intelektual dilingkungan setempat, sehingga ketika melakukan mediasi bisa berkomunikasi dengan baik, “ harapnya.

Kapolda berharap kepada petugas bhayangkara Pembina Kamtibmas bisa menjalankan tugasnya  dengan baik. “ Kami juga menghimbau  kepada para pejabat baik di Pemerintah Kota, legfslatif, TNI, Polri, dan tokoh masyarakat, serta tokoh agama untuk melaksanakan tugas-tugas memelihara Kamtibmas secara bersinergi dalam mengatasi atau memecahkan akar masalah yang terjadi dilingkungannya.

Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi yang merupakan perwakilan dari masyarakat Kota Bogor mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Jawa Barat yang telah memilih Kota Bogor sebagai pilot project perwira Bhayangkara Pembina Kamtibmas.

“Semoga program yang launching ini bisa berjalan maksimal dan mampu meningkatkan keamanan, menekan angka kriminalitas dan berbagai konflik yang terjadi di Kota Bogor. Dan kita berharap Kota Bogor pun akan menjadi contoh bagi daerah lainnya, “ kata dia. [Adi/Agustika]