Jurnal INDONESIA, BANDUNG— Dunia pendidikan kota Bogor kembali menorehkan prestasi. Empat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Kota Bogor mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai ‘Teacher of  The Year 2011’. Keempat orang tersebut dinilai berprestasi dan berdedikasi ditingkat Jawa Barat.

Mereka adalah Yayah Komariah, M.Pd (Kepsek SDN Bantarjati 9), Drs. Tri Suharnowo, MM (Kepsek SMA YPHB), Chepy (pengawas SD dan TK) Dra. Riana  (pengawas SMA). Penghargaan tersebut diserahkan langsung Gubernur, Ahmad Heryawan  di Gedung  Pakuan (rumah Dinas Gubernur Jawa Barat), Jl. Otto Iskandardinata No.1 Bandung, Senin (8/8/2011).

Tri Suharnowo   terpilih menjadi juara pertama dalam pemilihan Kepsek berprestasi kelompok SMA.  Sedangkan Yayah Komariah  terpilih sebagai Kepala Sekolah berprestasi kedua Kelompok SD Tingkat Provinsi Jawa Barat.  Sementara Chepy juara pertama pengawas SD dan TK, serta Dra. Riana juara ketiga  pengawas SMA.

Turut menyaksikan penyerahan penghargaan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Aim Halim Hermana, Yusuf Dardiri anggota DPRD Kota Bogor,  dan Darmadji suami dari Yayah Komariah.  Usai menerima penghargaan Yayah Komariah menyatakan, bahwa keberhasilan yang diraihnya tidak terlepas dari pembinaan Dinas Pendidikan Kota Bogor. “ Ini adalah keberhasilan dunia pendidikan Kota Bogor, “ ujar Yayah.

Oleh karena itu Yayah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Kepala Dinas Pendidikan yang telah mempercayakan dirinya untuk mewakili kepala–kepala sekolah SD se-Kota Bogor dalam ajang pemilihan Kepsek tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Aim Halim Hermana mengaku bangga atas keberhasilan yang diraih dua Kepala Sekolah dan dua pengawas Sekolah di Kota Bogor yang telah memperoleh penghargaan dari Gubernur Jabar.
“Kita berharap keberhasilan  yang dicapai ini dapat memacu prestasi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah lainnya yang ada di Kota Bogor, “ kata Aim.

Sekedar diketahui, bahwa penilaian yang dilakukan dalam pemilihan Kepsek berprestasi tingkat Jawa Barat yaitu tes tertulis meliputi kepribadian (psikotes) dan kompetensi kepala sekolah. Kemudian presentasi meliputi kompetensi manajerial, kompetensi suvervisi, kompetensi sosial dan kepribadian, deskripsi diri, kewirausahaan, Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan presentasi. [Adhie/Pmk]